Selasa, 14 November 2017

Aneka Minuman Khas Sunda

Selain makanan, suku Sunda juga memiliki kekayaan dengan beragam minuman khas Sunda yang begitu menantang untuk dinikmati. Beragam minuman asal suku Sunda ini pun banyak digemari oleh masyarakat non suku Sunda. Hal ini tak terlepas dari rasa yang menarik serta letak dominasi suku Sunda yang dekat dengan pusat pemerintahan dan ekonomi Indonesia. Berikut ini beberapa jenis minuman khas suku Sunda yang sudah begitu dikenal masyarakat Indonesia secara luas:
1. Bajigur

Resep Membuat Wedang Bajigur Nikmat dan Hangat
Siapa yang tak kenal bajigur? Minuman yang dibuat masyarakat Sunda ini sudah begitu dikenal masyarakat luas. Bajigur sendiri pada dasarnya adalah minuman yang terbuat dari santan dan campuran gula aren. Biasanya, minuman ini juga disajikan bersama dengan sedikit jahe, vanili, serta garam untuk menambah cita rasanya. Para penjual bajigur, umumnya berkeliling menjajakan minuman ini dengan gerobak. Tak lupa, mereka selalu membawa kompor sehingga sajian minuman ini selalu dipastikan kehangatannya. Bajigur sendiri memang sangat cocok diminum saat cuaca sedang dingin bersama dengan camilan tradisional pisang rebus, kacang rebus, hingga ubi rebus.

2. Bandrek

 Bandrek adalah minuman khas Sunda yang konsumsinya biasanya dimaksudkan untuk menjaga suhu tubuh agar hangat. Seperti Bajigur, bandrek cocok dihidangkan pada cuaca sedang dingin seperti kala musim hujan atau saat Anda berlibur ke Bandung. Bandrek terbuat dari bahan-bahan seperti jahe dan gula merah. Namun, pada wilayah lainnya, variasi Bandrek dapat ditunjukkan dengan tambahan bahan lain seperti merica, telur ayam kampung, hingga serai. Bahan-bahan yang lebih modern seperti susu formula juga biasa ditambahkan. Minuman ini selain dipercaya bisa meningkatkan suhu tubuh, konon juga bisa menyembuhkan beragam jenis penyakit ringan karena efek panasnya tersebut.





3. Es Goyobod

Hasil gambar untuk minuman es goyobod
Es Goyobod adalah minuman yang bahan goyobodnya berasal dari tepung sagu aren yang dibuat sehingga berbentuk seperti agar-agar. Selanjutnya, goyobod dicampur dengan bahan lain seperti alpukat dan dituangkan santan kelapa serta es parutdituangkan santan kelapa serta es parut. Sebagai pemanis, es goyobod biasanya ditambahkan dengan sirup gula dan susu kental.

4. Es Lilin

Hasil gambar untuk minuman es lilin

Es lilin adalah salah satu minuman khas Sunda. Es lilin yang berasal dari budaya masyarakat Sunda ini terbuat dari campuran susu, santan, serta gula. Hingga hari ini, Es Lilin masih banyak digemari dari kalangan tua maupun anak-anak suku Sunda. Apalagi, penyajiannya pun sekarang beragam dengan variasi rasa yang ditambahkan dari stroberi hingga leci.

5. Es Cendol

Gambar terkait
Es Cendol adalah salah satu jenis minuman khas yang biasa ditemukan di masyarakat suku Sunda meski juga jamak ditemui pada suku-suku lainnya di Indonesia. Sebagai contoh, suku Jawa sudah lama mengenal es cendol namun dengan sebutan es dawet. Cendol sendiri sebenarnya berasal dari tepung beras. Cendol kemudian dicampurkan dengan es parut, gula merah, serta santan sehingga begitu rasanya campuran antara manis dan gurih.
 Selain lima minuman khas Sunda yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis minuman khas suku ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Seiring dengan perkembangan zaman, beberapa jenis minuman di atas, memang mulai tergeser dengan produk minuman baru seperti minuman kaleng. Namun, banyak pula pihak-pihak yang mulai menyajikan minuman khas suku ini dengan variasi yang unik. Seperti es lilin yang sekarang sudah muncul dengan variasi yang lebih beraneka dari segi rasanya. Dengan demikian, harapannya minuman khas Sunda pun dapat senantiasa berkembang dan tetap disukai masyarakat banyak.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Meine Schule

Meine Schule
SMPN 1 Panumbangan

Blogger templates

Blogroll

Popular Posts